Tips Trik

Inilah Cara Mudah Menghapus Riwayat Pencarian Di Google

Beberapa tahun ke belakang, di antara kita mungkin masih erat dengan Warnet atau Warung Internet. Biasanya kita datang ke Warnet untuk berselancar internet dengan aneka macam tujuan mulai dari mencari materi tugas, membuka media umum, sampai mengunduh video maupun lagu-lagu favorit di Google. Namun, tak jarang sehabis menetapkan untuk pergi dari Warnet, kita lupa untuk menghapus riwayat penelusuran.

Yap, riwayat pencarian atau history akan timbul dalam rupa deretan situs yang kita kunjungi dan hal ini menjadi jejak digital yang pastinya telah terekam oleh Google. Menurut Wired.com, sebagian orang mungkin sadar Google tengah mengawasi aktivitasnya dikala berselancar di dunia maya. Namun, ada juga yang tidak sadar seberapa jauh Google beraksi dan melakukan pelacakan aktivitas digital.

Meski tidak mampu memohon terhadap Google secara eksklusif untuk menghentikan ‘perbuatannya’. Akan namun kita mampu menghalangi dan mengendalikan apa yang dikumpulkan oleh Google wacana segala kegiatan digital, yang telah disambangi. Kendali ini juga berguna untuk melindungi privasi data dari sebuah situs tidak diketahui , pengiklan ataupun perusahaan lain yang kemungkinan menelusuri dan menyimpan data kita.

Lantas bagaimana caranya untuk menanggulangi hal ini? Yah, seperti yang sudah dikatakan di atas, kita mampu menghapus riwayat pencarian Google. Nah, kali ini Carisinyal akan memberikan tips dan cara untuk meniadakan riwayat pencarian atau history di Google. Langsung saja simak hingga tuntas pemaparan berikut ini, yah!

1. Menghapus Riwayat Pencarian di Perangkat Komputer/Laptop

Cara yang satu ini bisa kau implementasikan di banyak sekali jenis atau tipe komputer maupun laptop asalkan memiliki aplikasi browser yang tersambung ke Google, mirip Google Chrome.

  • Tahap pertama bukalah aplikasi Google Chrome, yang umumnya ada di laman desktop. Jika, kau tidak memperoleh ikon dari aplikasi Google Chrome mampu mencarinya di kolom penelusuran.
  • Setelah bersua dengan ikon Google Chrome, klik dan buka aplikasi mesin telusur tersebut. Namun, sebelumnya pastikan terlebih dulu perangkat komputer atau laptop kau terhubung dengan internet. Supaya proses abolisi riwayat penelusuran dapat berjalan dengan tanpa kendala.

Membuka Google Chrome

  • Selanjutnya kau mesti menuju ke pojok kanan atas untuk mengklik tombol titik tiga.
  • Kemudian kamu akan bertemu dengan beberapa hidangan mulai dari New Tab, New Window, New Incognito Window, History, Bookmarks, Settings, dan beberapa menu lainnya.
  • Dikarenakan tujuanmu ingin menghapus riwayat penelusuran, maka klik hidangan History. Misalnya dalam sebuah kasus ternyata kau tidak bisa mendapatkan sajian History, maka cara termudah untuk menuju lama History adalah dengan menekan tombol CTRL+H pada keyboard. Terus kau akan melihat tampilan seperti di bawah ini.

Google Chrome

  • Terus kau akan dibimbing menuju performa laman History. Ada dua opsi untuk meniadakan daftar riwayat penelusuran adalah meniadakan satu persatu dengan mencentang di kolom kotak atau meniadakan semua riwayat penelusuran secara sekaligus. Untuk meniadakan satu persatu, kau cuma tinggal mencentang di kolom kotak yang posisinya berada di sebelah waktu.

Tampilan Menu History

  • Dilanjutkan dengan mengklik hidangan Delete, yang posisinya sebelahan dengan hidangan Cancel. Jangan pilihan menu Cancel, kecuali jikalau ingin membatalkan proses penghapusan riwayat pencarian. Dengan demikian, pilihlah sajian Delete, untuk meniadakan riwayat penelusuran yang telah kau pilih atau centang sebelumnya.

Manual Pemilihan Data Google Chrome

  • Baru sehabis itu riwayat pencarian seperti situs yang kamu pilih atau centang akan terhapus dari jejak Google.
  • Lalu bagaimana jika ingin meniadakan semua riwayat pencarian? Kamu tidak perlu mencentang satu persatu situs atau riwayat penelusuran, namun tinggal memilih menu Clear browsing data yang berada di segi sebelah kiri.

Clear All Chrome

  • Setelah mengklik maka kau akan diajak ke New Tab adalah Settings.
  • Di laman ini kau akan melihat kotak putih yang memperlihatkan tiga opsi pada menu Basic adalah Browsing History, Cookies and Other Site Data, dan Cached Images and Files. Juga ada hidangan Time Range, di sajian ini kau bisa menentukan rentang waktu. Setelah menentukan dan memutuskan rentang waktu, berikutnya pilih tombol Clear Data. 

Oh iya, isu suplemen, kau mampu menentukan proses peniadaan riwayat pencarian untuk situs yang dibuka dalam waktu satu jam, dua jam, hingga seluruh waktu. Sementara, pada sajian Advanced kamu bisa menghapus juga kata sandi dan yang lain (sifatnya lebih personal) yang pernah kamu isi di sebuah portal.

Clear Data

  • Voila! Semua daftar riwayat penelusuran seperti situs dan bahkan kata sandi yang pernah di-input pada suatu portal telah terhapus.

2. Menghapus Riwayat Pencarian di Ponsel Pintar

Dalam bimbingan cara meniadakan riwayat penelusuran di ponsel akil berikut ini, Carisinyal akan mencontohkan dengan memakai ponsel Xiaomi yang bersistem operasi Android 8. Caranya juga tentunya mudah, yuk eksklusif saja kita ikuti setiap langkahnya!

Pastikan kamu mempunyai aplikasi Google Chrome, hal ini paling penting untuk melakukan agresi pembatalan riwayat penelusuran di Google. Tidak hanya itu, kamu juga mesti mengaktifkan data seluler atau menghubungkan dengan WiFi yang menciptakan ponsel pintarmu terhubung dengan Internet. Hal ini dikarenakan jikalau tidak terkoneksi dengan Internet, proses peniadaan riwayat pencarian di Google tidak mampu berkerja.

  • Jika sudah mempunyai aplikasinya, langsung buka aplikasi tersebut dan akan muncul gambar mirip di bawah ini.

Google Chrome Ponsel

  • Berikutnya klik tombol titik tiga yang berada di pojok kanan atas penampilan Google Chrome.
  • Setelah mengklik tombol titik tiga, akan ada kolom yang menampilkan beberapa sajian dari Google Chrome di ponsel arif mirip New tab, New Incognito, History, Download, Bookmarks, Recent tabs, History Google Chrome, dan masih banyak lagi. Dilanjutkan dengan memilih dan mengklik menu History.

History Google Chrome

  • Selepas mengklik menu history, maka penampilan akan berganti dan akan muncul gugusan situs atau link yang pernah kau datangi.
  • Kemudian kamu harus mengklik menu Clear browsing data.

Deretan Link

  • Setelah diklik, maka kamu akan digiring menuju performa Clear browsing data. Sama halnya seperti di perangkat komputer, pada Google Chrome di ponsel pandai untuk bagian ini akan ada dua menu Basic dan Advance, pilih salah satunya.
  • Setelah menentukan (dalam bimbingan ini kita akan menghapus riwayat pencarian pada menu Basic) dan memilih jangka waktu, kliklah menu Clear Data atau Bersihkan Data yang membuat situs-situs yang pernah dikunjungi akan terhapus dari pantauan Google.

Fyi, bila kamu memilih Basic, maka akan ada tiga opsi adalah menghapus Browsing history, Cookies and site data, dan Cached images and files beserta dengan Time Range atau rentang waktu yang ingin kita pilih. Sementara jikalau memilih hidangan Advance, semua riwayat penelusuran mulai dari situs sampai kata sandi yang pernah diinput pada sebuah portal akan terhapus.

Clear Browsing data

  • Terakhir akan muncul kotak Cleared Chrome data dan kliklah menu OK, got it.

Lalu usai telah riwayat penelusuran kamu di Google terhapus. Perlu dikenang bahwa nama hidangan-menu di Google Chrome kemungkinan dapat saja berbeda menyesuaikan dengan jenis ponsel atau bahasa.

3. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga (CCleaner)

Selain dua cara di atas, kau mampu menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti CCleaner untuk meniadakan riwayat pencarian di Google. Tentunya aplikasi ini aman dan tenteram dipakai baik di laptop maupun ponsel cerdik. Namun, kali ini Carisinyal akan menunjukkan bagaimana mengggunakan aplikasi ini pada perangkat laptop. Yuk! Langsung saja simak uraiannya di bawah ini:

  • Langkah pertama yang harus kamu lakukan ialah mengunjungi situs CCleaner.
  • Selanjutnya kau akan berjumpa dengan penampilan seperti di bawah ini:
  • Pilihlah hidangan Free Download dan kau akan diajak menuju performa seperti ini. Berikutnya klik hidangan Download. 

  • Maka tak usang proses pengunduhan aplikasi CCleaner otomatis akan berjalan.
  • Selanjutnya buka folder Download di laptop milikmu, carilah file ccsetup.exe dan diteruskan mengkliknya sebanyak dua kali.
  • Kemudian pilih menu Install pada penampilan CCleaner Installation.

3. Pilih Install

  • Berikutnya kamu harus pilih hidangan Run CCleaner dan jangan lupa untuk centang kotak “view release notes”.

4. Run Ccleaner

  • Selepas proses pemasangan aplikasi selesai, maka kamu akan berjumpa dengan jendela dari CCleaner. Di sini kau akan dihidangkan dengan beberapa hidangan mulai Health Check, Custom Clean, Registry, dan lain sebagainya.

5. Tampilan CCleaner

  • Pilihlah sajian Custom Clean dan kau akan diberikan dua submenu adalah Windows dan Applications. Kliklah submenu Applications dan temukan aplikasi browser yang ingin kamu hapus riwayat pencarian dengan cara mencentang poin-poinnya mirip Internet Cache, Internet History, dan yang lain.
  • Lalu, pilih sajian Run Cleaner yang ada di pojok kanan bawah aplikasi.

6. Piliha Custom Clean Aplikasi

  • Maka proses peniadaan riwayat pencarian di Google pun akan dimulai.
  • Perlu dikenali, lamanya waktu proses penghapusan riwayat pencarian di Google ini tergantung dari berapa banyak situs yang kamu telah kunjungi. Semakin banyak situs yang kamu buka, maka kemungkinan akan memerlukan waktu yang usang dalam proses pembersihanna dan begitupun sebaliknya.
  • Bukti proses penghapusan atau pembersihan melalui aplikasi CCLeaner berhasil dikerjakan jika telah meraih 100%, mirip performa di bawah ini:

9. 100% Selesai Ccleaner

  • Voila! Riwayat pencarian di Google pun sudah terhapus pada aplikasi browser yang kau gunakan. Praktis bukan?

Nah, kiranya mirip itu cara-cara untuk meniadakan riwayat pencarian di Google baik pada perangkat komputer/laptop atau ponsel cerdik. Bagi kamu yang punya cara lain untuk meniadakan riwayat pencarian di Google, coba komen di kolom komentar, yah!

Masih soal per-google-an, buat kamu yang bermaksud untuk menonaktifkan notifikasi pada Google Chrome, bisa banget menyambangi artikel yang bertajuk Beberapa Cara Termudah untuk Menonaktifkan Notifikasi Chrome. Semoga berguna!

Tag: Google Chrome

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Untuk Melihat Konten nya Silahkan Nyalakan Dulu Javascript Dibrowser kamu atau gunakan chrome/Fire Fox Untuk Mengkases Situs Ini