Tips Trik

11 Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Permanen Di Pc

Seringkali kita menjadi murka dan ketakutan ketika data penting yang ada di komputer terhapus secara tidak sengaja. Padahal cara mengembalikan file yang terhapus tersebut tidaklah terlalu sulit. Pasalnya saat ini sudah terdapat banyak software yang dapat mengembalikan data yang terhapus secara otomatis.

Namun sebelum Anda menggunakan berbagai acara tersebut, terdapat beberapa tolok ukur yang wajib untuk Anda penuhi. Persyaratan ini akan menjamin file yang sudah terhapus tersebut akan kembali dalam kondisi baik. Berikut ialah beberapa syaratnya:

  • Jangan memperbesar data baru di drive tempat data tersebut di hapus.
  • Jangan menginstal program apapun di drive tersebut.
  • Jangan menyimpan file yang sudah direcover ke drive tersebut.

Ketika syarat tersebut sangatlah penting agar file yang ingin dikembalikan tersebut bisa kembali dengan selamat. Pasalnya jikalau kita menyimpan data gres di drive tersebut, maka dikhawatirkan file yang terhapus tersebut akan ‘tertimpa’ oleh file gres sehingga menjadi rusak dan bahkan tidak mampu dikembalikan sama sekali.

10 Aplikasi File Recovery Terbaik

Nah, sehabis Anda memenuhi syarat di atas, sekarang saatnya Anda menentukan aplikasi file recovery terbaik yang mampu mengembalikan data Anda. Beberapa aplikasi ini mempunyai kelebihan untuk jenis file tertentu. Pastikan Anda menentukan aplikasi yang benar-benar cocok untuk keperluan.

1. Recuva

cara mengembalikan file yang terhapus recuva

Recuva juga ialah aplikasi yang cocok bagi pemula karen menawarkan wizard yang hendak membimbing selama proses pengembalian file. Berbagai format disk juga telah didukungnya, mirip FAT, exFAT, dan NTFS. Aplikasi ini juga akan memperlihatkan preview untuk file berjenis gambar.

Recuva menyediakan fitur Advanced Mode untuk proses pencarian yang lebih detail walaupun sedikit lebih lambat. Selain itu, aplikasi ini juga dapat menghapus file secara permanen bila di dalamnya terdapat data yang penting. Menariknya, Recuva juga tersedia dalam model portable sehingga Anda tidak perlu menginstalnya terlebih dulu.

2. Disk Drill

Disk-Drill-Cover

Disk Drill ialah aplikasi file recovery terbaik yang mampu Anda coba. Aplikasi ini dapat menyelamatkan file yang terhapus karena aneka macam argumentasi, mulai dari kerusakan partisi, listrik yang mati secara datang-tiba, serangan virus, kerusakan sistem, hingga hal sepele seperti meniadakan Recycle Bin secara tidak sengaja.

Disk Drill mendukung banyak sekali system penyimpanan seperti NTFS, FAT32, EXT, HFS+, dan masih banyak lagi. Tidak cuma hard disk yang ada di dalam PC saja, Anda juga bisa melakukan recovery dari perangkat eksternal semacam flashdisk, Sekolah Dasar card, ataupun hard disk eksternal.

Fitur menawan yang lain yang terdapat pada aplikasi ini ialah Recovery Vault. Fitur ini akan menyimpan database dari banyak sekali file yang Anda hapus sehingga Anda bisa mengembalikan file tersebut dengan mudah jika membutuhkannya kembali. Dengan fitur ini, Anda tidak perlu khawatir lagi kalau tidak sengaja meniadakan file yang sangat penting.

Dengan berbagai keunggulannya tersebut, rasanya Disk Drill ini menjadi aplikasi file recovery yang dilarang Anda lewatkan. Aplikasi ini juga bisa diunduh secara gratis untuk kebutuhan pemindaian di bawah 500 MB.Jika terpesona, Anda mampu pribadi mengunduhnya lewat link ini.

3. Stellar Phoenix

Stellar Pheoenix

* sumber: macdrug.com

Salah satu cara mengembalikan file yang terhapus dengan gampang yakni memakai aplikasi Stellar Phoenix. Aplikasi ini mampu mengembalikan data yang terhapus dari satu folder secara sekaligus ataupun mengembalikan file tertentu saja. Tidak cuma mengembalikan data dari hard disk, Stellar Phoenix juga dapat mengembalikan dari USB drive, CD, DVD, dan Sekolah Dasar card.

Stellar Phoenix dapat mengembalikan file berjenis dokumen, gambar, musik, dan video. File arsip semacam ZIP dan database juga bisa dikembalikan dengan baik. Untuk model Pro-nya, Anda juga bisa melakukan kloning hard disk untuk melaksanakan proses pengembalian data secara lebih aman.

4. R-Studio

cara mengembalikan file yang terhapus r-studio

Haram hukumnya melewatkan R-studio kalau kita sedang membahas aplikasi file recovery terbaik. Ya, R-Studio merupakan aplikasi yang sungguh mumpuni dan cocok untuk dipakai oleh siapa pun. Anda dapat melakukan pencarian file secara sederhana ataupun secara kompleks layaknya para andal komputer.

Baca juga:Cara Menggunakan Recuva untuk Mengembalikan File yang Hilang 11 Cara Mengembalikan Data yang Terformat di Flashdisk

Dengan R-Studio ini Anda bisa mencari berbagai jenis file yang terhapus kemudian mengembalikannya cuma dengan beberapa klik saja. Selain mengembalikan data dari hard disk, Anda juga bisa mengembalikan data dari perangkat yang terhubung ke PC mirip flash disk dan hard disk eksternal.

Jika file yang ditemukan sudah dalam keadaan rusak, Anda tetap mampu memperbaikinya dengan text-and-hexadecimal editor jikalau Anda menguasainya. Bahkan kalau OS Windows komputer Anda rusak, Anda tetap mampu melaksanakan recovery dengan melakukan R-Studio lewat bootable USB drive.

5. Data Rescue PC

* sumber: id.pinterest.com

Beberapa aplikasi file recovery umumnya hanya melakukan pekerjaan optimal pada PC dan hard disk model modern. Akan namun, hal tersebut tidak berlaku untuk aplikasi Data Rescue PC. Ya, aplikasi ini mampu dipakai untuk mengembalikan file dari hard disk ‘jadul’ sekalipun.

Tidak hanya hard disk, namun Data Rescue PC juga mampu menyelamatkan file dari banyak sekali bagian PC jadul yang lain mirip floppy disk. Sama seperti R-Studio, dengan aplikasi ini Anda mampu membuat kloningan data dari berbagai bagian jadul tersebut.

Tidak cukup hingga di situ, Data Rescue PC juga dapat berjalan pada hampir semua model Windows; mulai dari Windows 3.1 sampai Windows 8.1. Data Rescue PC juga mampu berlangsung pada MS-DOS untuk mengembalikan file bila OS Windows yang digunakan mengalami kerusakan.

6. Pandora Recovery

cara mengembalikan file yang terhapus pandora

Pandora Recovery merupakan aplikasi yang sangat sesuai bagi para pemula. Pasalnya, aplikasi ini memakai wizard untuk memandu proses pengembalian data. Wizard tersebut akan membimbing Anda pada setiap tahapnya, seperti pengecekan recycle bin, pemilihan metode recovery, dan lainnya.

Pandora sendiri menunjukkan 3 jenis mode recovery. Yang pertama Anda penelusuran file dan folder secara manual, pencarian berdasarkan nama, ukuran, atau jenis file, sedangkan yang terakhir memakai mode deep scan. Mode deep scan ialah metode yang terbaik untuk menemukan data yang telah rusak dan susah diidentifikasi.

7. Wise Data Recovery

Wise Data Recovery

* sumber: netprecos.com

Sama seperti Pandora, Wise Data Recovery juga ialah aplikasi yang gampang dipakai. Tampilannya sangat sederhana adalah berupa kolom penelusuran, tombol pencarian, serta tombol untuk mengembalikan data. Aplikasi ini sangatlah cocok bagi pengguna yang belum pernah melaksanakan data recovery sebelumnya.

Aplikasi Wise Data Recovery ini bisa digunakan bagi pengguna Windows 7/8/ dan juga windows Vista dengan 32 bit atau 64 bit. Bahkan pengguna Mac pun juga mampu menggunakan aplikasi ini lho. Juga, Wise Data Recovery menyediakan aneka macam macam bahasa mirip bahasa Inggris, Arab, Latin, Belanda, Cina, dan masih banyak lagi.

8. ArtPlus Digital Photo Recovery

ArtPlus Digital Photo Recovery

* sumber: jezzwow.blogspot.co.id

ArtPlus Digital Photo Recovery agak sedikit berbeda dibandingkan dengan aplikasi lainnya, pasalnya aplikasi ini dikhususkan untuk mengembalikan file berjenis foto, video, dan audio dari memory card. Aplikasi ini pastinya sangat sesuai bagi pengguna Android, Windows Phone, serta iPhone.

Untuk menyingkir dari kerusakan memory card, aplikasi ini juga mampu menciptakan replika datanya yang berupa virtual image. Dengan virtual image tersebut Anda dapat melaksanakan recovery di dalam PC tanpa perlu menghubungkan memory card-nya.

9. EaseUS Data Recovery

EaseUS Data Recovery

Software berikutnya yang bisa Anda andalkan untuk mengembalikan file yang terhapus adalah EaseUS Data Recovery Wizard. Tidak kalah dengan software lainnya, EaseUS Data Recovery juga tidak hanya mampu memulihkan data yang hilang di PC atau laptop saja, namun juga di perangkat removable lainnya.

Selain mampu mencari file yang terhapus, EaseUS Data Recovery Wizard ini juga bisa untuk melakukan backup data-data yang ada pada PC Anda. Bahkan Anda juga bisa mengembalikan e-mail yang telah terhapus dengan memakai EaseUS Data Recovery Wizard.

Software ini juga dilengkapi dengan fitur scanning yang fleksible, dan bisa memulihkan lebih dari 1000 tipe format file mulai dari gambar, video, audio, dokumen, dan format file yang yang lain. Dengan kapasitas recovery data yang meraih sampai 2 GB, Anda bisa menginstall aplikasi ini di Windows 10/8.1/8/7/Vista/XP. Dan untuk kapasitas recovery unlimited, Anda mampu mengunduh model pro atau pro+ WIN PE dari software ini.

Makara kalau di saat-waktu file penting Anda hilang akibat terhapus, terformat, partisi rusak, virus, dan lain-lain, Anda cuma perlu mengenang bahwa ada software EaseUS Data Recovery yang mumpuni.

10. Undelete 360

Undelete 360

* sumber: www.undelete360.com

Sama seperti aplikasi lainnya, Undelete 360 juga mampu mengembalikan berbagai jenis file yang terhapus mirip foto, video, PDF, dan lainnya. Prosesnya juga berjalan cukup cepat dan mampu mengembal
ikan file dengan tepat seperti sedia kala. Sayangnya, aplikasi ini mempunyai banyak iklan dan penawaran yang cukup mengusik ketentraman.

Meskipun begitu, aplikasi Undelete 360 ini diklaim mampu untuk mengembalikan file yang hilang di Hardisk, kamera digital, bahkan flashdisk. Juga, Anda mampu mendapatkan dan mengembalikan setiap foto yang hilang dalam smartphone Anda. Cukup lengkap bukan?

11. MiniTool Partition Recovery

MiniTool Partition Recovery

Tidak hanya berfungsi untuk mengendalikan partisi di dalam hard disk, tetapi MiniTool Partition Recovery juga dapat menyelamatkan berbagai macam data yang ada di dalamnya. Aplikasi ini sangat cocok bagi pemula alasannya adalah menyediakan performa dan juga bimbingan yang sangat erat.

Selain Hardisk, aplikasi MiniTool Partition Recovery ini siap untuk menolong penggunanya dalam mengembalikan file yang hilang pada CD, email, dan lainnya. MiniTool Partition Recovery ini mampu digunakan pada Windows 2000, XP, Vista, 7, dan juga Windows 8. Mau mencobanya?

Itulah cara mengembalikan file yang terhapus dengan memakai berbagai aplikasi file recovery terbaik saat ini. selama hard disk Anda masih berjalan dengan baik, maka data-data di dalamnya masih bisa di selamatkan. Namun bila hard disk Anda populer bad sector, maka lebih baik untuk mengikuti bimbingan reparasinya apalagi dulu di artikel sebelumnya. Selamat mencoba!

Tag: Backup & Recovery PC

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Untuk Melihat Konten nya Silahkan Nyalakan Dulu Javascript Dibrowser kamu atau gunakan chrome/Fire Fox Untuk Mengkases Situs Ini