Tips Trik

Inilah Cara Gampang Menanggulangi Lupa Acuan Hp Samsung

Bila kita kilas balik ke bertahun-tahun ke belakang, ponsel genggam waktu itu cuma memiliki fitur biasa atau sifatnya yang masih fungsional saja seperti sebatas mendapatkan panggilan atau pesan teks. Berbeda dengan kini yang mempunyai aneka macam fitur baik fitur utama maupun penunjang.

Salah satu fitur yang dimiliki ponsel zaman sekarang adalah fitur keselamatan untuk membuka menu utama. Fitur keselamatan ini memiliki bermacam-macam jenisnya, satu dari beberapa di antaranya yakni memakai kunci contoh (pattern lock).

Menurut Sciencedaily, kunci acuan ialah fitur keamanan yang melindungi perangkat (ponsel atau table) dan yang diminati oleh banyak orang daripada instruksi PIN atau sandi teks. Kunci Pola dipakai oleh sekitar 40 persen pemilik perangkat Android.

Samsung menjadi dari sekian ponsel bakir berbasis tata cara operasi Android yang menerapkan kunci acuan dalam fitur keamanannya. Namun, acapkali fitur ini malah menjadi bumerang bagi para penggunanya, terkhusus bagi orang yang was-was yang sering gonta-ganti teladan atau memang bagi mereka yang pelupa.

Lantas, bagaimana cara untuk membuka kunci teladan HP Samsung yang lupa? Tidak perlu bingung dan cepat-cepat menjinjing ponselmu ke Abang Servis, sebab Carisinyal punya solusinya. Lewat postingan ini, Carisinyal akan memberitahumu untuk mengatasi permasalah fitur keamanan pada ponsel Samsung. Agar tidak tambah penasaran, eksklusif saja baca sampai tuntas!

1. Manfaatkan Fitur Samsung Find My Mobile

Membaca dari nama fitur Find My Mobile, mungkin menciptakan kau mengerutkan dahi. Kebanyakan orang mengira bila fitur ini cuma digunakan jikalau kita kehilangan dan ingin melacak keberadaan ponsel Samsung.

Akan namun, nyatanya fungsi dari fitur Find My Mobile tidak hanya sekedar mencari ponsel Samsung yang hilang, lho! Namun, fitur ini dapat dimanfaatkan selaku cara membuka kunci pola ponsel Samsung yang lupa. Gimana caranya? Berikut langkah-langkahnya!

  • Langkah awal yang perlu kau amati ialah membuka browser alias mesin pencarian bisa di laptop, komputer, atau pun ponsel pintarmu lainnya kalau kamu mempunyai ponsel lebih.
  • Selanjutnya, pergilah ke portal Find My Mobile. Kamu mampu mengklik https://findmymobile.samsung.com/ atau di sini!
  • Lalu, kamu akan ditampilkan halaman seperti gambar di bawah ini.

Find my mobile

  • Berikutnya klik tombol Sign In. Kamu akan diajak untuk memasukan akun Samsung-mu yang sebelumnya telah terhubung dengan ponsel Samsung yang lupa kunci contoh.
  • Setelah berhasil masuk, akan muncul performa berbentukmap atau peta. Juga kamu mampu menyaksikan beberapa menu mulai dari Ring, Lock, Track Location, Erase Data, Back Up, Retrieve Calls/Messages, Expand Battery Life, Set Guardians, dan pastinya Unlock. Karena tujuan dari pembahasan ini ialah cara membuka kunci teladan, maka kau mesti memilih dan mengklik hidangan Unlock.
  • Setelah mengklik hidangan Unlock, maka akan muncul kotak putih gosip mirip gambar di bawah ini. Pada kotak putih itu dijelaskan jika hidangan Unlock yakni sajian untuk membuka kunci ponsel secara remote saat kau lupa tata cara membuka kunci. Saat kamu menggunakan sajian ini, semua isu kunci layar seperti Pola, PIN, Kata Sandi, dan Biometrik pada ponselmu akan dihapus.

Unlock my screen 1

  • Di bawah kotak putih tersebut ada tombol berwarna biru bertuliskan Unlock, kliklah tombol untuk membuka kunci.
  • Selepas kau mengklik tombol Unlock, secara otomatis akan ada notifikasi bahwa ponsel Samsung-mu telah sukses terbuka.
  • Terakhir, lihatlah layar ponsel Samsung-mu.

Voila! Ponsel Samsung-mu telah tidak ada kunci pola untuk masuk ke halaman utama. Kini kau mampu menggunakan kembali ponsel pintarmu dan bahkan menciptakan kunci teladan gres atau kunci lainnya.

2. Lewat Hard Reset

Reset Samsung

Misal kau tidak memiliki laptop, komputer atau ponsel cadangan yang mampu terhubung dengan Internet dan browser. Maka, kau bisa menggunakan cara satu ini adalah Hard Reset untuk membuka ponsel Samsung-mu yang lupa akan kunci pola. Perlu dicatat cara ini mungkin mempunyai resiko akan kehilangan file/data pada ponsel Samsung-mu. Namun, jikalau tidak ada opsi maka cara ini mampu diimplementasikan.

Sebelum melakukan reset, pastikan jika ponsel Samsung-mu telah terisi penuh daya baterainya. Hal ini untuk menghindari baterai ponselmu habis di tengah perjalanan proses reset. Sebab, kalau habis maka kamu harus mengulangi kembali proses reset tersebut.

Setelah menentukan baterai Samsung-mu cukup untuk melakukan proses reset, berikutnya kau mesti mematikan atau nonaktifkan ponselmu sampai mati total. Setelahnya, bisa melanjutkan ke tahap berikut ini:

  • Pertama, tekanlah tiga tombol fisik secara serentak hingga ponsel bergetar, terus lepaskan jarimu dari tombol-tombol tersebut. Oh, iya! terdapat beberapa perbedaan soal menekan tombol, untuk ponsel yang tidak memiliki tombol home (M10 s/d M40, A10 s/d M10, dan seterusnya) maka tekan tombol “Power + Volume Up + Volume Down”. Sementara untuk ponsel sejenis A1 s/d A9, J1 s/d J7, dan seterusnya maka tekan “Home + Volume Up + Power”.
  • Tunggulah sampai muncul performa Android System Recovery.

Dalam performa ini kau akan dijelaskan penggunaan tombol Volume Up dan Volume Down sementara difungsikan untuk mengendalikan ke atas dan ke bawah. Sementara, tombol Power atau Home berfungsi selaku “Ok” atau menentukan.

Selain itu, kau akan ditampilkan juga beberapa pilihan yaitu “Reboot System Now, Apply Update From ADB, Apply Update from External Storage, Wipe Data, Wipe Cache Partition, dan Apply Update From Cache”.

  • Jika sudah, lanjutkan dengan memilih menu “Wipe Data/Factory Reset“, caranya dengan menekan tombol Volume Down. 

Factory Reset Samsung

  • Kemudian, akan ada pilihan “Yes – Delete all user data“, lalu tekanlah “Tombol Power” untuk mengkonfirmasi pilihan dan memulai proses reset.
  • Tunggulah proses reset hingga usai yang biasanya akan membutuhkan waktu kurang dari 10 menit atau tergantung banyaknya file di dalam ruang penyimpanan internal ponsel Samsung-mu.
  • Bila proses reset telah final, maka berikutnya pilih sajian Reboot System Now”.
  • Maka ponsel Samsung-mu akan melaksanakan proses restart. Akhirnya kau bisa membuka ponsel Samsung-mu yang sebelumnya lupa kunci contoh. Gampangkan?

3. Meminta Teman Menelpon Ponsel Samsung-mu

Membuka Pola Samsung

Alternatif lain yang mampu kamu kerjakan dikala lupa kunci teladan ponsel Samsung yakni dengan meminta sahabat, kerabat atau keluargamu untuk menelepon ponsel Samsung-mu. Hah, bukannya ponselnya terkunci, memang bisa? Jelas bisa dong! Ikuti langkah berikut ini!

  • Pinjamlah atau memintalah orang terdekatmu untuk menghubungi ponsel Samsung-mu. Bisa menggunakan merek ponsel cendekia Android apapun. Namun, pastikan ponsel yang hendak menelepon tersebut mempunyai pulsa yang cukup.
  • Kemudian, lakukanlah panggilan dari ponsel cerdik orang terdekatmu ke nomor ponsel Samsung-mu yang tengah terkunci.
  • Berikutnya, terimalah panggilan yang masuk tersebut dan dilanjutkan dengan tombol Home Screen.
  • Selanjutnya masuk ke sajian Pengaturan atau Settings.
  • Terakhir pilihlah dan nonaktifkan fitur kunci acuan.
  • Lalu, tamat! Ponsel Samsung-mu telah tidak terkunci lagi oleh fitur keamanan kunci teladan.

4. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga (drfone)

Baca juga:4 Cara Menghapus Aplikasi di HP Samsung dengan Praktis Inilah 6 Cara Mengetahui HP Samsung Asli atau Palsu Inilah 10 Alasan Kenapa HP Samsung Mahal Harganya

Opsi terakhir yang mampu kamu coba untuk membuka ponsel Samsung-mu dari pola sandi yang lupa yaitu menggunakan aplikasi pigak ketiga. Kali ini Carisinyal akan memakai aplikasi bernama drfone, yang bisa kamu dapatkan dan pasang secara gratis. Yuk! Langsung saja simak langkah-langkahnya di bawah ini:

  • Langkah awal yang harus dikerjakan ialah mengunduh dan memasang aplikasi drfone.
  • Setelah aplikasi berhasil terpasang, bukalah aplikasi tersebut dan kau akan berjumpa dengan performa mirip gambar di bawah ini:

1. Screen Lock

  • Pada jendela permulaan aplikasi kau akan bertemu dengan banyak menu. Dari sekian banyak sajian, pilihlah Screen Unlock.
  • Berikutnya sambungkan HP Samsung milikmu ke laptop melalui kabel data atau USB.

3. Screen Lock

  • Dilanjutkan dengan mematikan Samsung.
  • Lalu, tekanlah tombol home + tombol Volume turun + tombol Power secara serentak.
  • Selanjutnya tekan tombol Volume naik untuk masuk ke Mode Unduhan.
  • Sesaat sehabis kau pilih menu Mode Unduhan, otomatis perangkat Samsung akan mengunduh paket pemulihan.
  • Tunggulah hingga akhir proses pengunduhan tersebut.

5. Screen Lock

  • Kemudian, secara otomatis aplikasi drfone akan bekerja dan meniadakan tata cara keselamatan (kunci teladan) pada Samsung milikmu. Praktis bukan cara yang satu ini?

Menurut kau mana nih yang paling gampang untuk membuka kembali ponsel Samsung sesudah lupa akan kunci pola? Atau kau punya cara lain untuk menanggulangi kasus ini? Coba ceritakan dan bagikan pengalamanmu saat mengalami lupa kunci pada ponsel Samsung di kolom komentar, yah!

Bagi kamu yang ternyata memiliki kendala lupa kata sandi dan ingin melaksanakan sistem reset tetapi di HP Asus, sayangnya kamu tidak tahu cara meresetnya maka Carisinyal sarankan untuk membaca artikel yang bertajuk Inilah Cara Reset dan Reboot HP Asus yang Praktis Dilakukan. Selamat mencoba dan biar bermanfaat!

Tag: Tips Samsung

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Untuk Melihat Konten nya Silahkan Nyalakan Dulu Javascript Dibrowser kamu atau gunakan chrome/Fire Fox Untuk Mengkases Situs Ini