Aplikasi

Cara Supaya Whatsapp Tidak TampakOnline Dengan Gampang

WhatsApp sepertinya telah jadi bab penting dalam komunikasi manusia zaman kini. Mau permasalahan keluarga, sobat, tetangga, atau pekerjaan, seluruhnya dibincangkan melalui WhatsApp. Karena itu, tidak aneh kalau ada yang bilang bahwa aplikasi yang diprakarsai oleh Jan Koum dan Brian Acton ini telah menggantikan tugas SMS.

Anggapan itu tidak berlebihan jika dilihat dari jumlah pengguna WhatsApp. Sampai Oktober 2020, pengguna aplikasi ini sudah mencapai 2 miliar, berdasarkan Statista. Fakta tersebut memberi bukti bahwa WhatsApp yakni aplikasi perpesanan paling terkenal di dunia.

Mengirim pesan melalui WhatsApp memang asyik mengingat banyak fitur yang ditambahkan. Kita bisa mengirim gambar, rekaman bunyi, video, dan bermacam-macam file lainnya. Bahkan tulisannya pun bisa divariasi. Hanya saja, ada dua fitur WhatsApp yang kadang menciptakan kita merasa tidak tenteram. Dua fitur itu yakni status last seen dan online. 

Secara psikologis, orang senantiasa ingin mendapat akibat pesan secepat mungkin, apalagi mereka menyaksikan last seen kita belum lama atau kita sedang online. Hal itu menciptakan orang lain berpikir bahwa tidak ada alasan bagi kita untuk menangguhkan membalas pesan. Padahal, mereka tidak tahu apa yang sebenarnya terjadi pada kita: si akseptor pesan.

Contoh kasusnya seperti ini, kamu sedang mengambil libur untuk menyiapkan akad nikah. Komunikasi secara intens melalui WhatsApp pun harus kau lakukan kepada pihak mempelai, penata rias, pengatur hiasan, catering, dan lain sebagainya. Tiba-datang saja rekan kerja dan atasan mengantarpesan guna menanyakan tentang pekerjaan.

Di situlah rasa tak lezat mungkin akan muncul. Kamu tahu bahwa pesan tersebut mesti dibalas, namun nanti setelah permasalahan yang sedang dilakukan beres. Oleh sebab itu, kamu harus tahu bagaimana caranya mematikan fitur status last seen dan online yang diaktifkan WhatsApp secara default. Tenang saja, berikut Carisinyal babarkan tindakan mudahnya.

Mematikan Last Seen

Smartphone iPhone dan Android punya cara yang sama untuk menonaktifkan status last seen. Ikuti langkah-langkahnya di bawah ini:

1. Buka aplikasi WhatsApp.

2. Masuk ke Settings. Cara mengaksesnya di ponsel Android yakni dengan menekan tanda tiga titik di pojok kanan atas, kemudian tekan “Settings” atau “Setelan”. Sedangkan di ponsel iPhone cukup tekan “Settings” yang ada di pojok kanan bawah pada performa awal aplikasi.

3. Geser tampilan ke bawah dan tekan hidangan “Account” atau “Akun”.

4. Masuklah ke sajian yang terletak di urutan paling atas adalah “Privacy” atau “Privasi”.

5. Kemudian, sentuh pilihan “Last Seen” alias “Terakhir Dilihat”.

6. Jika telah, beri centang pilihan terakhir ialah “Nobody” atau dalam bahasa Indonesia “Tidak ada”.

7. Beres, sekarang tidak ada yang mampu menyaksikan kapan terakhir kali kau membuka WhatsApp.

Menonaktifkan Status Online

Mematikan last seen saja tidak cukup. Pasalnya, orang lain tetap mampu melihat kamu sedang online bila kamu dan seseorang yang menyaksikan profilmu membuka WhatsApp secara berbarengan. WhatsApp memang belum memberi opsi biar status online tidak terlihat. Namun, kemunculan status online mampu dicegah dengan tidak menawarkan terusan data kepada aplikasi dikala tidak sedang dibuka, baik melalui jaringan seluler maupun WiFi.

Singkatnya, langkah ini bisa disebut dengan mematikan background data. Hal yang perlu dicatat, sampai artikel ini ditulis, hanya ponsel dengan tata cara operasi Android 7 (Nougat) dan seterusnya yang mampu melakukannya. Sementara itu, ponsel iPhone belum mampu. Seperti ini cara mematikan background data:

1. Buka “Pengaturan”.

2. Tekan sajian “Aplikasi & notifikasi”.

3. Cari aplikasi WhatsApp dan masuklah.

4. Di bawah pilihan “Uninstall” dan “Paksa Berhenti” ada beberapa menu pengaturan. Masuklah ke bab “Penggunaan data”

5. Kemudian, geser saklar “Data latar belakang” alias “Background data” ke arah kiri untuk mematikannya.

Perlu dicatat, dalam mematikan background data ini Carisinyal memakai ponsel ASUS Zenfone Max 2 dengan tata cara operasi Android. Mungkin saja tata urutan dan nama setiap hidangan sedikit berbeda dengan yang ada di ponsel kamu.

Tips Lain semoga Tidak Terlihat Sedang Online

Selain kedua tips yang sudah dijelaskan tadi, kami juga masih punya tips lainnya supaya tidak terlihat saat sedang online. Caranya mudah, mampu ikuti tindakan berikut ini:

Matikan Read Receipt (Laporan Dibaca)

WhatsApp secara default memberi centang biru ganda sesaat setelah pesan terkirim dan dibaca oleh penerima. Centang biru ganda ialah tanda Read receipts alias laporan dibaca yang diberikan oleh WhatsApp. Seperti dijelaskan di atas, sebagian orang secara psikologis ingin secepatnya mendapat akhir ketika tahu bahwa pesannya telah dibaca.

Tanda centang biru ganda bisa jadi akan menyebabkan prasangka yang tidak-tidak bila kita tidak secepatnya membalas chat. Karena itu, bila tak ingin tampaksudah membaca pesan, matikan saja Read Receipts-nya. Orang pun mampu berpikiran bahwa pesan yang beliau kirim belum kita baca. Dengan mematikan Read Receipts, centang yang timbul tidak akan berwarna biru.

Baca juga:10 Cara Mengatasi Whatsapp Pending dengan Mudah dan Cepat 15 Alasan Kenapa WhatsApp Tidak Bisa Dibuka dan Solusinya Cara Membuat Sticker di WhatsApp dengan Praktis dan Cepat

Centang yang timbul yaitu tunggal, tanda pesan sudah terkirim, atau ganda, yang bermakna pesan sudah terkirim dan sampai kepada si akseptor. Dua-duanya tanpa warna. Begini cara mematikan Read Receipts:

1. Buka WhatsApp.

2. Masuk ke sajian “Settings” atau “Setelan” dalam bahasa Indonesia.

3. Sentuh hidangan “Account” atau “Akun”.

4. Tekan menu paling atas yakni “Privacy” alias “Privasi.

5. Geser penampilan sampai mentok ke bawah.

6. Matikan “Read receipts” atau “Laporan dibaca” dengan memindah saklarnya yang masih hidup ke arah kiri.

Balas Chat Lewat Banner Notifikasi

Mematikan background data sebagaimana yang dijelaskan di atas memang cuma mampu dilakukan di ponsel Android, itu pun Android 7 ke bawah. Buat kau yang memakai ponsel dengan Android lawas atau ponsel iPhone tak usah iri. Sebab, ada cara lain semoga kamu tidak terlihat online.

Cara itu ialah baca dan balas chat via banner notifikasi yang di tengah layar. Lantas, apa saja syaratnya agar kita mampu membaca dan membalas via banner notifikasi?

  • Pastikan ponsel selalu mendapat notifikasi saat pesan masuk. Kamu mampu mengeceknya dengan membuka: WhatsApp>Settings>Notification. Pastikan semua saklar dalam kondisi hidup alias mengarah ke kanan.

  • Jangan hapus notifikasi, biarkan tetap nangkring di muka layar. Kalau notifikasi terhapus, kau akan kehilangan saluran membalas chat tanpa diketahui oleh si pengirim.

Buat kamu yang belum tahu bagaimana caranya balas chat dari banner notifikasi, begini langkahnya:

1. Geser banner notifikasi ke arah kiri. Ini mampu kau kerjakan meski layar ponsel pintar masih dalam keadaan terkunci.

2. Kemudian, akan timbul tiga opsi: Manage, View, Clear.

3. Pilih “View”, maka kamu mampu membaca pesan sekaligus membalasnya.

Matikan Paket Data atau Aktifkan Mode Pesawat

Bagaimana bila tanganmu tak sengaja menggeser notifikasi ke arah kiri sehingga menyebabkannya terhapus, apakah ada penyelesaian lain? Tentu saja masih ada. Yakni dengan mematikan paket data atau mengaktifkan mode pesawat. Lakukan salah satu sebelum membuka WhatsApp dan mengetik pesan akibat.

Saat paket data dimatikan atau mode pesawat diaktifkan, pesan akhir yang kau kirim akan diberi tanda jam berputar. Itu artinya pesan belum terkirim dan hingga. Tutuplah WhatsApp lalu aktifkan paket data atau WiFi, maka pesanmu akan terkirim tanpa tertangkap tangan. Ulangi cara sama ketika ada pesan gres yang masuk.

Hindari Membuat Status

Orang-orang mungkin akan bertanya-tanya saat menyaksikan pesan yang dikirim kepadamu telah centang dua, namun tak kunjung dibalas. Padahal, pada dikala yang sama, kau baru saja mengupdate status, entah itu sebuah tulisan, video, atau gambar. Bukan tidak mungkin sahabat yang mengantarpesan kepadamu jadi geram alasannya sikapmu itu.

Oleh alasannya itu, tahan diri dulu untuk membuat status selama kau tidak ingin diusik, atau punya prioritas lain dalam mengantardan membalas pesan. Dengan begitu, orang lain tak akan punya perkiraan macam-macam terhadapmu, kamu juga bakal terbebas dari rasa tak enak hati.

Di sisi lain, rasa ingin membagikan perasaan sudah tak mampu kamu tahan. Namun, kau ingin orang-orang tertentu saja yang mengetahuinya. Belum tahu cara mengaturnya? Ikuti tindakan berikut ini:

1. Buka WhatsApp, kemudian masuk ke sajian “Settings”.

2. Setelah itu, buka hidangan “Account”, kemudian tekan hidangan “Privacy”.

3. Ketuk bab “Status”, kemudian ubah pengaturannya ke “Only Share With…”.

4. Pilih orang-orang tertentu yang mampu menyaksikan statusmu.

5. Kamu juga bisa menentukan “My Contacts Except…” untuk menentukan orang yang tidak bisa menyaksikan statusmu.

Blokir Kontak

Cara paling ekstrem agar status last seen dan online tidak terlihat yaitu dengan memblokir sejumlah kontak. Namun, perlu dicatat, lakukan pemblokiran sebelum seseorang mengirim pesannya. Sebab, bila kamu memblokir kontak seseorang sesudah ia mengantarpesan, dikhawatirkan akan timbul perasaan tidak baik dari yang bersangkutan.

Timbang-timbang dulu apakah memblokir kontak memang sungguh-sungguh urgen dilakukan. Jika sudah, ikuti cara gampang di bawah ini:

1. Buka WhatsApp dan cari kontak yang hendak diblokir.

2. Masuklah ke ruang chat dengan si pemilik kontak.

3. Tekan nama si kontak untuk membuka “Contact Info”, kemudian geser performa sampai mentok ke bawah.

4. Tekan opsi “Block Contact” dan konfirmasikan pemblokiran. Beres.

Demikian beragam cara agar status last seen dan online tak terlihat . Perlu diketahui, cara-cara di atas tidak bisa dijalankan jikalau kau memakai WhatsApp web yang diakses menggunakan browser komputer. Disadari atau tidak, menonaktifkan status last seen dan online legal dan tidak ada salahnya.

Sebab, siapa saja punya privasi dan skala prioritas. Orang pasti tidak memiliki hak mengendalikan seberapa cepat kita mampu membalas pesan. Namun, ada baiknya kalau kita bisa saling terbuka dengan si pengirim pesan, adalah dengan menyampaikan terus terperinci bahwa pada saat ini belum mampu memberi akibat, dan berjanji akan secepatnya mengirim akhir dikala masalah yang lebih penting sudah beres.

Tag: Whatsapp

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Untuk Melihat Konten nya Silahkan Nyalakan Dulu Javascript Dibrowser kamu atau gunakan chrome/Fire Fox Untuk Mengkases Situs Ini