Smartphone

Lebih Kencang, Inilah 10 Keunggulan Kelemahan Advan G9 Pro

Advan akhir-simpulan ini pertanda bila dirinya bukanlah produsen HP yang bisa diremehkan. Sekalipun menyongsong segmen harga low end, hal ini tidak mencegah mereka untuk menciptakan produk terbaik mirip Advan G9 dan Advan G9 Pro.

Memang, sebagai HP keluaran lokal, Advan condong mempertahankan diri mereka untuk tidak memakai pilihan chipset yang lebih populer, tetapi hal ini bukan bermakna tanpa menghadirkan banyak sekali kelebihan lain sebagai kompensasinya.

Di rentang harga Rp1 jutaan, mampukah Advan G9 Pro berkompetisi dengan ponsel lain di luar sana? Dan, apa memang komplemen “Pro” di namanya memberikan peningkatan atau hanyalah marketing gimmick semata? Ketahui jawabannya pada poin kelebihan dan kelemahan Advan G9 Pro di bawah ini.

Spesifikasi Advan G9 Pro

Advan G9 Pro

  • Layar: IPS LCD 6.6 inches
  • Chipset: Unisoc SC9863A (28 nm)
  • CPU: Octa-core (4×1.6 GHz Cortex-A55 & 4×1.2 GHz Cortex-A55)
  • GPU: IMG8322
  • RAM: 6 GB
  • Memori Internal: 64 GB
  • Memori Eksternal: microSD, up to 128 GB (dedicated slot)
  • Kamera Belakang: 16 MP + 0,3 MP + 0,3 MP + 0,3 MP
  • Kamera Depan: 8 MP
  • Baterai: Non-removable Li-Po 5200 mAh battery

Spesifikasi selengkapnya…

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Tokopedia

Cek Harga di Lazada

Kelebihan Advan G9 Pro

Berikut ini ialah poin-poin kelebihan dari Advan G9 Pro, semoga Anda bisa menilik sendiri kelayakan ponsel tersebut untuk berada di dalam genggaman Anda.

1. Ukuran RAM dan Memori Internal yang Besar

advan g9 pro

Ukuran RAM kerap kali menjadi sorotan bagi penikmat gadget, alasannya adalah besarnya RAM memengaruhi kelancaran ponsel pintar dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Untuk itu, Anda bisa berbahagia mengetahui Advan G9 Pro hadir dengan ukuran RAM luar biasa besar, yaitu 6 GB!

Hal ini kian terdengar mencengangkan jika kita menimbang harganya yang cuma Rp1 jutaan, di mana ponsel di harga segini lazimnya cuma mentok di 4 GB bahkan tidak jarang yang cuma menunjukkan 2 hingga 3 GB saja. Dengan begini, berubah-ganti aplikasi akan terasa tidak berat menggunakan Advan G9 Pro.

Di bagian memori internalnya pun Anda akan dipuaskan secara optimal. Pasalnya, ponsel murah ini menghidangkan penyimpanan 64 GB yang mampu diperluas lagi menggunakan microSD hingga 128 GB.

2. Layar Lega

advan g9 pro layar

Untuk menerima kepuasan optimal saat menonton film ataupun bermain game, Advan G9 Pro menghadirkan ukuran layar yang memadai. Dengan bentang layar berukuran 6,6 inci miliknya, bersiap-siaplah terjun ke dunia film yang Anda tonton sebab immersion yang mendalam.

Layarnya ini memiliki resolusi HD Plus yang memang terbilang masuk akal untuk HP di rentang harga entry level. Meskipun belum Full HD Plus, ketajaman layarnya masih terbilang tetap oke untuk dicicipi pada aktivitas entertainment sehari-hari.

3. Baterai Berkapasitas Besar

advan g9 pro baterai

Tahukah Anda? Advan G9 Pro memang dicanangkan selaku HP khusus bermain game. Itu mengapa, tidak heran jikalau ponsel Advan yang satu ini dihadirkan dengan kapasitas baterai 5.200 mAh yang menjadikannya tahan sepanjang hari.

Ponsel dengan baterai sebesar ini bergotong-royong tidak jarang untuk sekelas entry level 2-3 jutaan. Tapi lagi-lagi kami tidak akan jenuh mengingatkan jikalau Advan G9 Pro tiba dari kelas harga Rp1 jutaan, sehingga menawarkan value for money yang sangat besar. Tanpa mesti beli HP mahal, modal Rp1 jutaan pun telah dapat HP dengan keawetan baterai yang unggul.

4. Sudah Pakai USB Tipe C

advan g9 pro usb tipe c

Dari sisi pengisian dayanya, Advan G9 Pro telah selangkah lebih maju dibandingkan dengan ponsel-ponsel lain di rentang harga yang serupa. Sebab, Advan G9 Pro ini mematahkan stereotype bila HP Rp1 jutaan pasti cuma mentok di port berjenis microUSB. Nyatanya, Advan G9 Pro sudah pakai USB tipe-C yang punya kecepatan transfer data lebih unggul dibandingkan microUSB.

Ini juga ialah suatu peningkatan yang good to have dari Advan G9 reguler yang masih memakai microUSB. Bisa dijumlah dengan jari jumlah HP murah yang pakai USB tipe-C, ini bisa menjadi alasan besar lengan berkuasa untuk memilih Advan G9 Pro dibandingkan pesaingnya.

5. Quad Camera

advan g9 pro quad camera

Barangkali Anda tidak yakin bila HP murah sudah ada yang mengantongi empat lensa di belakang. Exhibit A: Advan G9 Pro, ponsel di harga Rp1 jutaan yang telah memberikan konfigurasi Quad Camera. Di rentang harga yang segini, ponsel lain manapun akan kesusahan menyaingi Advan G9 Pro.

Baca juga:10 Kelebihan & Kekurangan Advan G5, HP Stylish & Terjangkau Yuk, Ketahui Kelebihan dan Kekurangan ZTE Nubia Red Magic 3s! 10 Kelebihan dan Kekurangan Smartphone Luna X Pro

Ketimbang varian regulernya, ada peningkatan di lensa depan dari 5 MP menjadi 8 MP. Sementara di bodi belakang, tersemat empat kamera berkonfigurasi satu lensa 16 MP dan tiga lensa berkekuatan 0,3 MP. Ketiga lensa pendamping ini masing-masing punya fungsi lensa AI, beauty, dan potret.

6. Hadir dengan Face Unlock

advan g9 pro face unlock

Jangan dikira HP murah hanya memiliki PIN ataupun pattern saja selaku fungsi keselamatan, karena pengguna mampu mengunci dan membuka layarnya kembali dengan pinjaman Face Unlock yang aman dan cepat. Dengan begini, Anda pun tidak perlu lagi sibuk-sibuk menorehkan pattern hanya untuk membuka kunci layar.

7. Kualitas Speaker Lebih Baik

advan g9 pro speaker

Untuk mendukung pengalaman menonton dan bermain game yang optimal, Advan membekali produk yang satu ini dengan single speaker 1511. Kualitas speaker yang dimilikinya terbilang anggun dan terbilang setuju untuk di kelas harganya yang murah. Ketimbang dengan Advan G9, bahkan bunyi yang diperdengarkannya mengalami peningkatan, lebih keras dan juga cukup menonjolkan bass dengan baik.

8. Desain Bodi Kece

advan g9 pro desain bodi

Jika Anda melihat portofolio produk yang dimiliki perusahaan Advan, lini smartphone yang mereka miliki didominasi oleh desain layar FullView dengan bezel yang tebal di bagian atas dan bawah. Hanya segelintir saja yang telah mengusung desain Infinity-U Display alias poni tetesan air, dan salah satunya yaitu Advan G9 Pro ini.

Di bab belakangnya tersemat modul kamera yang serupa dengan Advan G9 yang terbilang kontemporer dan terlihat premium. Dengan begini, siapapun mampu tetap tampil percaya diri dengan Advan G9 Pro, tanpa mesti mengeluarkan kocek besar untuk membeli HP yang lebih mahal.

Kekurangan Advan G9 Pro

Seperti smartphone kebanyakan, Advan G9 Pro pasti tidak luput dari kelemahan. Terlebih mengenang harganya yang berada di rentang Rp1 jutaan.

1. Chipset Kurang Bertenaga

advan g9 pro chipset 1

Sekalipun Advan G9 Pro dianggap sebagai HP gaming, cukup sayang alasannya performanya tidak semenarik HP pesaingnya yang sudah memakai chipset MediaTek dan Snapdragon. Untuk perangkat ini, Advan G9 Pro dibekali dengan SoC Unisoc A551 yang mengusung konfigurasi CPU octa core A55.

Penggunaan chipset Unisoc pada Advan G9 Pro juga tidak mengalami peningkatan yang signifikan dari beberapa generasi sebelumnya seperti Advan G5. Memang, hal ini dikerjakan demi menekan harga. Tapi jikalau Advan tidak meningkatkan penggunaan chipsetnya, tidak akan bisa menyaingi ponsel yang lain yang telah mengandalkan Snapdragon ataupun Helio.

2. Tidak Ada Sensor Sidik Jari

advan g9 pro 1

Ada kalanya Face Unlock saja tidak cukup, sebab smartphone tidak akan terasa begitu lengkap tanpa kehadiran sensor biometrik untuk memindai sidik jari. Pasalnya, tidak selamanya kita berada di ruangan yang cahayanya memadai, dan sensor sidik jari mampu jadi alternatif yang serupa praktisnya.

Advan G9 Pro sayangnya belum dihadirkan dengan sensor fingerprint scanner tersebut, sehingga Anda pun mau tidak mau harus rela mengandalkan Face Unlock saja. Memang, hal ini sesuai dengan harganya yang murah. Tapi saingannya telah ada beberapa yang pakai fingerprint scanner di harga Rp1 jutaan, seperti Infinix Hot 10 misalnya.

Simpulan

Kami yakin jikalau Advan G9 Pro memang pantas menyandang nama “Pro”. Dibandingkan dengan Advan G9 biasa, terdapat peningkatan dari kapasitas RAM serta tampilan game yang juga lebih baik lagi.

Di harganya yang sebesar Rp1,6 juta, Advan G9 Pro setidaknya masih layak disandingkan dengan Xiaomi Redmi 9A dan 9C. Masih mampu dibilang lebih baik dari Redmi 9A, namun jikalau daripada Redmi 9C, keduanya tampak seri.

Perbedaan performanya tidak begitu jauh, tetapi Redmi 9C sudah dibekali dengan sensor sidik jari sementara Advan G9 Pro tidak. Namun, RAM sebesar 6 GB milik Advan G9 Pro memang sungguh sukar ditandingi oleh HP lain manapun di harga yang sama.

Tertarik mempunyai Advan G9 Pro? Klik di sini untuk membelinya. Atau mau menyaksikan-lihat dahulu keunggulan dan kekurangan Advan G9 reguler? Yang jelas, Advan telah menunjukkan taringnya dengan keluaran Advan G9 series.

Tag: HP 2020

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Untuk Melihat Konten nya Silahkan Nyalakan Dulu Javascript Dibrowser kamu atau gunakan chrome/Fire Fox Untuk Mengkases Situs Ini