Smartphone

Cermati Beberapa Keunggulan Dan Kekurangan Oppo A15s

eMMC 5.1

  • Memori Eksternal: microSDXC (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 13 MP + 2 MP+ 2 MP
  • Kamera Depan: 8 MP
  • Baterai: Non-removable Li-Po 4230 mAh
  • Spesifikasi selengkapnya…

    Cek Harga di Shopee

    Cek Harga di Tokopedia

    Cek Harga di Lazada

    Kelebihan OPPO A15s

    Setidaknya ada lima poin kelebihan yang menjadi daya tarik dari OPPO A15s. Apa saja kelebihan-kelebihan itu? Simak di bawah ini:

    1. Bodi Ringan

    Pemakaian material plastik polikarbonat kembali ngetren. Padahal, produsen ponsel beberapa tahun belakangan berlomba-lomba memberi material logam aluminium dan beling. Tak terkecuali untuk ponsel kelas entri.

    OPPO A15s termasuk sebagai ponsel yang turut memopulerkan material polikarbonat baik untuk rangka dan penutup belakangnya. Polikarbonat memang kalah kokoh ketimbang aluminium. Namun, bahan ini jelas lebih ringan dan punya durabilitas lebih baik daripada materi kaca. Apalagi harga material polikarbonat juga relatif murah dibanding kaca atau aluminium.

    Menggenggam OPPO A15s lama-lama pun tidak akan menciptakan tangan Anda pegal. Pasalnya, bobot ponsel berdimensi 164 x 75,4 x 7,9 mm ini masih di bawah 200 gram. Tepatnya ada di angka 177 gram. Selain itu, kesan berkelas juga didapat alasannya adalah bodinya yang tipis dengan opsi warna apik: Dynamic Black dan Mystery Blue. Dua warna itu tampak glossy, tak meninggalkan sidik jari, dan tidak terlalu licin.

    2. Tampilan Oke

    Tampilan di layar OPPO A15s memang tidak terlampau istimewa. Resolusi panel IPS-nya masih HD+ (720 x 1600 piksel) saja. Sementara laju penyegarannya juga biasa, 60Hz.

    Meski begitu, Anda tak akan kesulitan memandangi isi layarnya yang berukuran 6,52 inci sekalipun di luar ruangan. Hal itu disebabkan oleh kecerahan rerata layar OPPO A15s yang cukup tinggi di kelasnya, adalah 480 nit.

    Di luar kecerahan yang bisa dibanggakan, layarnya sudah dilapisi oleh Gorilla Glass 3. Karena itu, Anda tidak perlu cemas jikalau layarnya bakal tergores saat bersenggolan dengan kunci kendaraan di dalam saku celana.

    3. Kamera Depan

    Kamera depan merupakan perbedaan pertama yang kentara dari OPPO A15s dengan OPPO A15. Resolusi kamera depan di OPPO A15s mengalami kenaikan menjadi 8 MP, naik 3 MP dari sang pendahulu. Tak cuma itu, diafragma yang diberikan oleh OPPO juga ikut membengkak.

    Dari yang semula f/2.2 kini menjadi f/2.0. Perpaduan resolusi dan diafragma yang membengkak potensial menjadikan output gambar yang dihasilkan kamera depan OPPO A15s kian apik. Apalagi ditunjang dengan pemrosesan software AI Beautification. Selain itu, lensa yang digunakan kamera depannya berjenis 5P yang termasuk anggun. P ini artinya unsur lensa, kian tinggi angka yang ada di depannya bermakna makin bagus.

    4. Memori Lega

    Tak hanya kamera depan yang jadi pembeda. Namun, juga sektor penyimpanan internal dan RAM. Jika OPPO A15 cuma dibekali storage 32 GB dan RAM 3 GB, sang pendahulu telah lebih lega dengan memori internal 64 GB plus RAM 4 GB. Anda pun tak akan ragu untuk menjejali bermacam-macam gim dan aplikasi di OPPO A15s.

    Baca juga:Yuk Kenali Perbedaan OPPO Reno4 F dan Reno5 F Ini! Inilah Perbedaan OPPO Find X3, X3 Pro, X3 Lite, & X3 Neo! Inilah Beberapa Kelebihan dan Kekurangan OPPO Find X3 PRO

    Begitu juga dengan mengoleksi foto di berbagai momen tak terlewatkan. Apabila 64 GB masih kurang, Anda bisa mengoptimalkan daya simpannya dengan slot microSD khusus alias terpisah dari dua kartu SIM. Ponsel ini mampu dipasangi kartu microSD hingga 256 GB.

    Sementara itu, kenaikan ukuran RAM mempunyai pengaruh pada kesanggupan multitasking  yang kian bisa dipercaya. Membuka banyak aplikasi dalam satu waktu tambah gegas dan tanpa loading. 

    5. Sistem Navigasi dan WiFi

    OPPO A15s mendukung sistem navigasi yang lebih banyak dibandingkan dengan OPPO A15. Selain GPS, A-GPS, GLONASS, dan BDS, OPPO A15s juga mendukung GALILEO. Mendukung banyak metode navigasi menciptakan HP ini akan lebih hening menghadapi suasana terburuk.

    Misalnya, ketika satelit yang dipakai oleh salah satu tata cara navigasi tersebut mengalami gangguan, maka ponsel akan otomatis tersambung ke metode navigasi lain yang siap. Sementara itu di segi konektivitas WiFi, OPPO A15s telah mendukung WiFi generasi kelima alias WiFi AC.

    WiFi 5 yang berjalan di frekuensi 5 GHz memang tidak lebih kencang dibandingkan dengan generasi sebelumnya (2,4 GHz). Namun, koneksi internet yang menggunakan WiFi 5 punya latensi (ping) yang lebih rendah. Latensi yang rendah akan menciptakan koneksi kian stabil. Imbasnya, Anda akan terhindar dari lag dikala memainkan gim online.

    Kekurangan OPPO A15s

    Tidak ada produk yang tidak punya kekurangan. Poin-poin berikut ini bisa Anda jadikan catatan khusus untuk mengambil keputusan apakah akan membeli atau tidak.

    1. Pengisian Baterai Lamban

    Memiliki ukuran baterai 4230 mAh ialah hal yang cantik buat ponsel zaman kini. Kapasitas tersebut cukup untuk mampu menciptakan ponsel digunakan seharian oleh si pemilik. Sayangnya, kapasitas baterai yang cukup tidak diimbangi dengan teknologi pengisian yang bagus.

    Chipset MediaTek P35 yang dibenamkan di motherboard OPPO A15s bergotong-royong telah mendukung teknologi pengisian cepat. Hanya, OPPO memilih tidak mengaktifkan teknologi tersebut. Adaptor yang disertakan pun cuma 10V 2A alias 10 Watt.

    Kondisi demikian membuat Anda harus punya ketekunan ganda saat menunggu baterai OPPO A15s dapat terisi sarat . Sebagai citra, situs Gizmologi menyebut waktu pengecasan OPPO A15 (kapasitasnya sama dengan A15s) hingga sarat meraih sekitar tiga jam

    2. Port USB Kuno

    Sebetulnya tidak ada persoalan yang krusial ketika sebuah HP masih memakai port microUSB tipe B. Hanya, OPPO A15s jadi tampakketinggalan zaman dengan perangkat lain yang telah beranjak ke USB tipe C. Beberapa laptop keluaran gres bahkan sudah mengubah colokan adaptornya menjadi USB tipe C.

    Kondisi ini mampu jadi menjadi sebuah problem ketika Anda kekurangan baterai, sementara Anda lupa menenteng cas. Anda pun tak bisa meminjam cas milik teman alasannya port yang digunakan berbeda. Selain itu, bentuk port microUSB tipe B yang atas dan bawahnya berlainan cukup berisiko. Ketika Anda tak cermat mencolokkan kabel dengan posisi terbalik, port di HP bisa eksklusif rusak.

    3. Chipset Agak Lawas

    Chipset MediaTek Helio P35 memang sudah menggunakan delapan inti dan dibuat dengan proses fabrikasi 12 nm. Chipset ini termasuk hemat daya. Namun, jikalau menyaksikan kapan periode peluncurannya, Helio P35 tampakagak jadul.

    Chipset ini melenggang ke publik pada kuartal pertama 2019. Beberapa ponsel yang mengandalkan MediaTek telah beralih ke chipset kelas entri yang lebih baru, adalah seri G. Seperti Helio G35 yang keluar pada kuartal kedua 2020. Chipset yang terakhir disebut terperinci lebih powerful daripada Helio P35.

    Melalui pengujian Antutu 8 yang dijalankan situs nanoreview, Helio P35 hanya membukukan skor GPU 13274, sedangkan Helio G35 mencapai 13274. Angka tersebut bisa sedikit memberi citra bahwa Helio P35 kurang cocok untuk diajak memainkan gim berat. Meski begitu, gim-gim mirip Mobile Legend, PUBG Mobile, dan Free Fire, tetap bisa dimainkan dengan pengaturan grafik masuk akal.

    4. Sensor Minim

    OPPO A15s cuma dibekali sensor akselerometer, proksimiti, dan sensor pemindai sidik jari. Sensor esensial yang lain mirip sensor cahaya, sensor giroskop, dan sensor kompas masih bolos. Ketiadaan sensor cahaya menciptakan Anda mesti melakukan pengaturan kecerahan secara manual dikala berpindah dari luar menuju ruangan atau sebaliknya. Sementara itu, absennya sensor giro mungkin akan memengaruhi pengalaman dalam memainkan beberapa gim.

    Khususnya gim yang mempergunakan orientasi ponsel untuk menyebabkan gerakan. Meskipun begitu, memainkan gim seperti PUBG Mobile di ponsel tanpa sensor giro bahwasanya tetap bisa. Hanya saja, seluruh gerakan (tergolong ketika membidik musuh) ditentukan oleh kelihaian jari memencet layar.Adapun tidak adanya sensor kompas menciptakan Anda mesti selalu terhubung dengan internet periode ingin mengenali arah mata angin.

    5. Tidak Ada Kamera Ultrawide

    Beberapa orang mungkin akan memilih lensa ultrawide ketimbang lensa makro. Sebab, orang Indonesia yang punya budaya komunal akan lebih senang mengabadikan momen bareng sahabat-sahabat dengan jumlahnya banyak.

    Hal ini bisa ditunjang dengan kamera belakang berlensa ultrawide. Sementara itu, lensa makro yang dipunyai OPPO A15s cuma untuk mereka yang suka memfoto objek kecil dengan jarak akrab, seperti bunga atau semut. Ketiadaan kamera ultrawide pun jadi sandungan bagi OPPO A15s.

    Pasalnya, di kelas harga sama (Rp1,9-2,3 jutaan), para pesaingnya mampu menghadirkan kamera tersebut. Sebut saja Xiaomi Redmi 9, Xiaomi Redmi 9T, realme C15, realme C15 Holiday Edition, realme narzo 20, sampai Samsung Galaxy A12. Keenam HP tersebut pasti tidak bisa disepelekan.

    Hal itu sebab semuanya sudah mendukung teknologi pengisian cepat, USB tipe C (kecuali realme C15 dan C15 Holiday Edition), dan menggunakan chipset yang lebih segar. OPPO A15s memang bukan ponsel all-rounder yang cocok buat siapa pun.

    Ponsel ini mampu jadi cocok untuk Anda yang memprioritaskan performa dan suka berkegiatan di luar ruangan, tetapi tetap fungsional untuk pemakaian kasual. Dengan banderol sekitar Rp2,3 jutaan, apakah OPPO A15s bisa memenangkan hati penduduk ? Sekarang opsi tergantung pada Anda.

    Tag: OPPO 2021

    Related Articles

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Back to top button

    Adblock Detected

    Untuk Melihat Konten nya Silahkan Nyalakan Dulu Javascript Dibrowser kamu atau gunakan chrome/Fire Fox Untuk Mengkases Situs Ini