Cara mudah membuat aplikasi android

Penggunaan android sekarang ini semakin berkembang pesat. Hal ini dapat dilihat pada bulan Maret 2019 ada sebanyak 93,5% konsumen di Indonesia yang memilih menggunakan platform android sebagai sistem operasi peranti mobile mereka (Statcounter). Dengan melihat angka sebanyak itu, maka tidak heran jika banyak perusahaan atau perseorangan yang ingin membuat aplikasi android. Sebelum memulai tentunya ada beberapa hal yang perlu anda pelajari terlebih dahulu agar aplikasi yang kita buat dapat sesuai dengan keinginan.

membuat aplikasi android

Dasar dasar coding / pemrograman android tentunya perlu anda pelajari terlebih dahulu agar dapat mebuat aplikasi yang bagus, sesuai kebutuhan, dan tentunya sesuai dengan apa yang anda inginkan. Karena jika menggunakan cara yang instan tentunya kita tidak akan mendapatkan suatu hasil yang sempurna. Bagi anda yang masih belajar membuat aplikasi android, anda dapat membuat aplikasi yang mudah dibuat dahulu seperti aplikasi tutorial masakan, aplikasi stopwatch dan masih banyak lagi.

Dalam belajar membuat aplikasi android tentunya anda harus banyak berlatih. Latihan yang intents dan terus menerus membuat anda semakin menguasai kemampuan sebagai programmer yang handal dan dapat mengembangkan aplikasi android. Sebelum anda mulai membuat aplikasi pada android, anda harus memilih perangkat lunak aplikasi apa yang akan digunakan. Anda harus terlebih dahulu menginstall dan mensetting JDK (Java Development Kit), ini adalah alat wajib yang digunakan dalam membuat aplikasi android.

Beberapa Software Pembuat Aplikasi Android

Software Pembuat Aplikasi Android

Java Development Kit adalah software yang dipakai untuk kompilasi dari bahasa pemrograman Java ke bahasa pemrograman bytecode. Berikut beberapa software pembuat aplikasi android yang dapat anda gunakan.

  • Android Studio

Bahasa pemrograman yang digunakan dalam Android Studio yaitu : Java, Kotlin, dan C++. Sehingga perlu untuk menginstal Java Development Kit terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Android Studio sendiri adalah tools resmi yang didukung penuh oleh pihak Google yang merupakan perusahaan dibalik os android untuk mengembangkan aplikasi berbasis android. Android Studio juga menyediakan fitur yang lebih banyak dalam membuat aplikasi Android.

  • Membuat aplikasi android tanpa coding

Jika anda kesusahan mempelajari coding bahasa pemrograman Java, sekarang ada beberapa cara bikin aplikasi android tanpa menggunakan coding yang rumit tersebut. Tapi untuk menggunakan software tersebut laptop atau PC yang anda gunakan harus terkoneksi dengan jaringan internet yang bagus.

  • Appy Pie

Appy Pie adalah situs yang bisa membuat aplikasi Android tanpa perlu memiliki skill coding. Dengan appy pie anda cukup dengan drag and drop di halaman website appy pie anda sudah bisa membuat aplikasi yang anda inginkan, tidak perlu lagi menginstall aplikasi.

  • AppMakr

Bagi anda yang awam tentang bahasa pemrograman, anda bisa menggunakan aplikasi ini. AppMakr adalah sebuah platform yang memungkinkan anda bisa mendevelope aplikasi android dan aplikasi seluler HTML5, juga membuat aplikasi iPhone dengan kreasi dan kreatifitas anda sendiri, tanpa perlu memiliki kemampuan coding bahasa pemrograman.

  • AppMachine

Dengan web base ini anda dapat mendevelope aplikasi android maupun aplikasi iOS dengan user interface professional. Namun untuk dapat menggunakan aplikasi ini anda dikenakan biaya $49 untuk paket plus, dan $19 untuk paket yang paling murah yaitu basic.

Itulah beberapa cara yang dapat anda gunakan dalam membuat aplikasi android. Selain yang sudah dijelaskan diatas tentunya masih banyak cara untuk mempelajari materi android development tersebut. Ayo buat aplikasi androidmu sendiri. Selamat mencoba.!

One Comment

Submit Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *